Awalnya ketika saya membaca buku pedoman akademik saya merasa sedikit
kebingungan. Hal ini terjadi karena sangat banyak mata kuliah pilihan,
namun hanya 2 yang bisa diambil. Dan hanya ada dua kemungkinan yaitu
diambil pada semester lima ini atau semester berikutnya. Kemudian saya
mulai berpikir satu persatu kegunaanya dan kekurangan serta
kelebihannya. Kemudian saya mulai melirik pada mata kuliah E-Commerce.
Mata kuliah ini asing bagi saya, namun justru hal itu yang membuat rasa
ingin tahu saya muncul. Kemudian saya bertanya pada kakak angkatan 2009
agar saya paham seperti apa mata kuliah ini. Ternyata setelah saya
bertanya, saya mengetahui bahwa mata kuliah E-Commerce ini berhubungan
dengan bisnis online atau biasa disebut bisnis berbasis internet.
Setelah
tahu bahwa ternyata mata kuliah ini berhubungan dengan bisnis online,
saya langsung tertarik untuk mengikutinya. Menurut saya mata kuliah ini
akan menjadi nilai plus untuk mendukung kemampuan bisnis saya. Karena
selama ini saya hanya coba-coba namun tidak pernah benar-benar
mempelajari dan mendalami bisnis online ini. Mata kuliah ini juga dapat
menunjang mata kuliah minor saya yaitu pemasaran. Saya harap ketika saya
lulus saya dapat menggunakan ilmu ini untuk menunjang niat saya untuk
ber-wiraswasta. Meskipun pada dasarnya konsentrasi saya adalah keuangan,
saya berfikir bahwa mata kuliah ini akan dapat menjadi nilai plus bagi
saya. Bahkan mungkin dapat menjadi senjata ampuh untuk mewujudkan
keinginan saya kelak untuk berwiraswasta. Dan ternyata benar, dari
pertemuan pertama saya jadi tahu bagaimana alur mata kuliah ini dan apa
tujuannya.
Disamping itu, saya berfikir bahwa saat ini bisnis sangat
memerlukan media seperti internet untuk efisiensi biaya promosi dan
penjualan. Oleh karena itu dengan mempelajari E-Commerce saya harap saya
akan menguasai bidang bisnis online ini sehingga saya dapat melakukan
efisiensi biaya promosi dan penjualan kemudian hari. Persaingan usaha
pun saat ini sangat ketat, sehingga mendorong saya untuk belajar mata
kuliah ini. Jika bisnis yang akan saya jalankan hanya menggunakan
cara-cara promosi yang biasa, saya tidak akan mampun menjangkau pasar
yang luas dan segmen yang berbeda-beda. Melalui E-Commerce ini saya
ingin menjadi pebisnis online yang handal dan efisien dalam melakukan
promosi serta penjualan. Dengan terciptanya efisiensi tersebut saya
harap biaya akan dapat ditekan dan penjualan pun dapat meluas ke
berbagai daerah.
E-Commerce ini menurut saya adalah mata kuliah
yang menarik. Banyak hal yang pasti akan saya dapatkan dengan mengikuti
mata kuliah ini. Selain itu, setelah saya mengetahui bahwa mata kuliah
ini akan diajarkan oleh Bapak Nanang, saya semakin tertarik. Karena
menurut beberapa teman yang pernah mengikuti mata kuliah beliau, mereka
berpendapat bahwa beliau merupakan dosen yang enak cara mengajarnya.
Sehingga setelah mendengar komentar mereka saya menjadi semakin mantap
untuk menempuh mata kuliah E-Commerce ini.
Dari beberapa
alasan diatas, tentunya ada satu alasan terakhir yang belum saya
utarakan. Alasan terakhir tersebut adalah agar saya tidak mengalami
kebosanan dalam semester 5 ini. Menurut saya dengan mengikuti mata
kuliah E-Commerce, saya akan mendapatkan suasana yang berbeda dari mata
kuliah lainnya. Karena di mata kuliah lain sudah jelas saya akan belajar
diruang kuliah biasa. Namun pada mata kuliah ini tentu saya bisa
belajar diruangan yang berbeda yaitu Lab-Manajemen. Saya berpikir bahwa
dengan mengikuti mata kuliah ini, akan dapat merefresh otak saya yang
sehari-hari akan selalu menemui mata kuliah menghitung atau mata kuliah
wajib untuk konsentrasi keuangan. Karena mata kuliah ini sifatnya
praktek, berhadapan dengan komputer, dan berhubungan dengan dunia maya.
Poin itulah yang menurut saya akan mampu membantu untuk merefresh otak
saya dan menambah semangat untuk belajar. Di samping itu tentu saya juga
akan mendapat ilmunya. Amin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar