Senin, 10 September 2012

Alasan Mengambil Mata Kuliah E-Commerce

Awalnya ketika saya membaca buku pedoman akademik saya merasa sedikit kebingungan. Hal ini terjadi karena sangat banyak mata kuliah pilihan, namun hanya 2 yang bisa diambil. Dan hanya ada dua kemungkinan yaitu diambil pada semester lima ini atau semester berikutnya. Kemudian saya mulai berpikir satu persatu kegunaanya dan kekurangan serta kelebihannya. Kemudian saya mulai melirik pada mata kuliah E-Commerce. Mata kuliah ini asing bagi saya, namun justru hal itu yang membuat rasa ingin tahu saya muncul. Kemudian saya bertanya pada kakak angkatan 2009 agar saya paham seperti apa mata kuliah ini. Ternyata setelah saya bertanya, saya mengetahui bahwa mata kuliah E-Commerce ini berhubungan dengan bisnis online atau biasa disebut bisnis berbasis internet.
Setelah tahu bahwa ternyata mata kuliah ini berhubungan dengan bisnis online, saya langsung tertarik untuk mengikutinya. Menurut saya mata kuliah ini akan menjadi nilai plus untuk mendukung kemampuan bisnis saya. Karena selama ini saya hanya coba-coba namun tidak pernah benar-benar mempelajari dan mendalami bisnis online ini. Mata kuliah ini juga dapat menunjang mata kuliah minor saya yaitu pemasaran. Saya harap ketika saya lulus saya dapat menggunakan ilmu ini untuk menunjang niat saya untuk ber-wiraswasta. Meskipun pada dasarnya konsentrasi saya adalah keuangan, saya berfikir bahwa mata kuliah ini akan dapat menjadi nilai plus bagi saya. Bahkan mungkin dapat menjadi senjata ampuh untuk mewujudkan keinginan saya kelak untuk berwiraswasta. Dan ternyata benar, dari pertemuan pertama saya jadi tahu bagaimana alur mata kuliah ini dan apa tujuannya.

Disamping itu, saya berfikir bahwa saat ini bisnis sangat memerlukan media seperti internet untuk efisiensi biaya promosi dan penjualan. Oleh karena itu dengan mempelajari E-Commerce saya harap saya akan menguasai bidang bisnis online ini sehingga saya dapat melakukan efisiensi biaya promosi dan penjualan kemudian hari. Persaingan usaha pun saat ini sangat ketat, sehingga mendorong saya untuk belajar mata kuliah ini. Jika bisnis yang akan saya jalankan hanya menggunakan cara-cara promosi yang biasa, saya tidak akan mampun menjangkau pasar yang luas dan segmen yang berbeda-beda. Melalui E-Commerce ini saya ingin menjadi pebisnis online yang handal dan efisien dalam melakukan promosi serta penjualan. Dengan terciptanya efisiensi tersebut saya harap biaya akan dapat ditekan dan penjualan pun dapat meluas ke berbagai daerah.
E-Commerce ini menurut saya adalah mata kuliah yang menarik. Banyak hal yang pasti akan saya dapatkan dengan mengikuti mata kuliah ini. Selain itu, setelah saya mengetahui bahwa mata kuliah ini akan diajarkan oleh Bapak Nanang, saya semakin tertarik. Karena menurut beberapa teman yang pernah mengikuti mata kuliah beliau, mereka berpendapat bahwa beliau merupakan dosen yang enak cara mengajarnya. Sehingga setelah mendengar komentar mereka saya menjadi semakin mantap untuk menempuh mata kuliah E-Commerce ini.
Dari beberapa alasan diatas, tentunya ada satu alasan terakhir yang belum saya utarakan. Alasan terakhir tersebut adalah agar saya tidak mengalami kebosanan dalam semester 5 ini. Menurut saya dengan mengikuti mata kuliah E-Commerce, saya akan mendapatkan suasana yang berbeda dari mata kuliah lainnya. Karena di mata kuliah lain sudah jelas saya akan belajar diruang kuliah biasa. Namun pada mata kuliah ini tentu saya bisa belajar diruangan yang berbeda yaitu Lab-Manajemen. Saya berpikir bahwa dengan mengikuti mata kuliah ini, akan dapat merefresh otak saya yang sehari-hari akan selalu menemui mata kuliah menghitung atau mata kuliah wajib untuk konsentrasi keuangan. Karena mata kuliah ini sifatnya praktek, berhadapan dengan komputer, dan berhubungan dengan dunia maya. Poin itulah yang menurut saya akan mampu membantu untuk merefresh otak saya dan menambah semangat untuk belajar. Di samping itu tentu saya juga akan mendapat ilmunya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar