Sabtu, 29 September 2012

Komentar Toko Online

Berikut adalah komentar mengenai toko online di Indonesia:

1. http://www.fastworld.com/
Pertama kali membuka toko online ini saya langsung tertarik karena tampilannya bagus. Selain itu tampilannya rapi dan mudah penggunaanya. Dengan lengkapnya kategori sert barang yang dijual saya rasa konsumen akan betah untuk berlama-lama membuka dan melihat isi toko online ini. Ada banyak barang yang dijual seperti kosmetik, alat olahraga, fashion, gadget, barang rumah tangga, hingga kesehatan. Namun untuk berbelanja Anda akan diwajibkan mendaftar account dan login terlebih dahulu. Sehingga data Anda akan tersimpan sebagai data konsumen. Tetapi untuk beberapa konsumen akan malas untuk login dan membuat account terlebih dahulu. Toko ini juga terhubung dengan twitter, FB, dan YM untuk tanya jawab dengan Anda. Di toko ini Anda akan mendapatkan diskripsi brang, video, dan panduan pembelian. Toko ini cukup optimal. Di google tampil pada halaman 2. Namun pada tag description nya kurang baik, karena berupa kalimat yang terlalu panjang sehingga barang yang dijual tidak terdeskripsi dalam tag descriptionnya. Naviagasinya juga membuat kita sedikit ribet karena tidak bisa secara langsung pindah ke halaman sebelumnya.

2.http://www.egrosir.com/
Saat membuka toko ini saya senang dengan tampilannya yang smple.Toko ini juga terbuka dengan saran konsumen dengan memberikan menu tanya jawab saran dan kritik. Pada toko ini Anda juga diwajibkan membuat account sebelum melakukan pembelian. Yang berbeda dari toko ini yaitu diberikannya jaminan atau shopping safe guarantee. Ketika membeli pun Anda juga akan diberikan tabel pembukuan untuk mengetahui total tagihan. Menggunakan toko ini kita juga akan diberi opsi data untuk mengetahui kemana dan kapan kita menginginkan barang tersebut untuk dikirim, dan bisa dikirim ke orang lain sebagai kado. Toko ini cukup optimal karena muncul di halaman 2 penelusuran google. Serta barang yang dijual tidak relevan antara satu dengan lainnya. Di toko ini menjual gadget, motor, dan juga "pakaian dalam". Namun dari tag descriptionnya sudah bagus, karena menjelaskan barang apa yang dijual. Dan navigasinya pun memudahkan kita.

3.http://www.lazada.co.id/
Sama seperti toko lainnya, di sini kita harus membuat account dan login. Toko ini juga cukup optimal karena mucul di halaman ke 2 pada mesin penelusuran google. Perbedaan dari toko ini yaitu kita bisa membayar dengan sistem COD atau cash on delivery. Kita juga dapat menggunakan bank, master card, ataupun visa. Dalam toko ini navigasinya cukup baik karena menunjukkan barisan halaman yang kita buka. Toko ini juga terhubung dengan banyak media sosial seperti twitter, fb, youtube, dan google+ dan terlebih toko ini sudah go internasional ke beberapa negara ASEAN sebagai lazada international. Toko ini juga menjelaskan bahwa mereka menggunakan jasa JNE dan shipping delivery yang lain. Selain itu toko ini juga menunjukan rating penjualan berupa bintang 1-5. Secara keseluruhan toko online ini sudah baik.

4.http://www.bursabaju.com/
Pada toko ini sudah menggunakan detail dan menu yang cukup baik. meskipun theme warna pink nya membuat saya risih, tetapi toko ini memang dikhususkan untuk pakaian wanita. Kita juga dapat memasukkan data pengiriman seperti tanggal, tempat, dan lain-lain dengan jelas sehingga memudahkan untuk konsumen. Pembayarannya bisa paypal maupun melalui transfer bank BCA, Mandiri, BNI, bahkan Western Union sehingga pembeli dengan mata uag apapun bisa. Navigasi dari toko ini juga sudah menunjukkan urutan halaman yang kita buka dan sangat memudahkan. Untuk melihat barang yang kita inginkan pun kita bisa melakukan zooming sehingga secara detail dapat kita lihat. Tentu ini sangat menguntungkan untuk memahami secara detail barang tersebut. Web ini cukup simple, meskipun hanya muncul di halaman ke 5 pada penelusuran google. Dan tag descriptionnya sudah baik menjelaskan barang yang dijual.

5.http://www.taskoe.com/
Toko ini tampilannya kurang menarik bahkan terlihat minim aktifitas. Namun toko ini sudah memberikan jadwal operasional toko ini dimana hari tertentu libur. Ketika kita ingin melihat detail foto, yang terjadi adalah membuka tab baru, tentu ini tidak praktis. Kelebihan dari toko ini yaitu mereka juga menawarkan menjadi reseller. Sayangnya pada mesin penelusuran toko ini hanya muncul dihalaman 4 saja.meskipun tag descriptionnya sudah jelas.


Setelah membahas 5 toko online di Indonesia, mari kita lihat dan bandingkan dengan toko online luar negeri.

1.http://www.theiconic.com.au
Pertama kali saya melihat toko online ini saya langsung tertarik. Karena toko ini didesain sangat baik, sehingga menarik dan bagus tampilannya. Selain simple, untuk melihat-lihat isi toko ini sangatlah tidak membosankan, justru menarik sekali. Diskripsi produk, ukuran, serta detail foto yang terbagi dari 5 sisi membuat kita dapat melihat secara detail. Selain itu barang yang dijual berupa fashion seperti baju, sepatu, tas, papan skate, semua dikategorikan dengan baik sehingga mudah memilih sesuai yang kita inginkan.Bahkan barang tersebut sudah dikategorikan berdasarkan genre, pupolaritas, harga, gender, dan merk. Navigasinya pun sudah menunjukkan urutan halaman yang kita buka sehingga sangat mudah untuk menuju halaman sebelumnya. Toko ini sama seperti toko online kebanyakan, kita garus membuat account terlebih dahulu. Sayangnya toko online ini tidak optimal. Dari hasil penelusuran google, toko ini hanya tampil di halaman 11. Tentu untuk menemukan tko ini sangat sulit bagi orang-orang yang malas melihat hingga halaman 11. Namun tag descriptionnya sudah baik. Dan sarana membayar serta pengirimannya sudah jelas tercantum, bahkan free shipping.

2.http://store.diesel.com
Pada penelusuran google, toko ini tidak optimal karena hanya muncul di halaman 7. Namun dari tag decriptionnya orang bisa langsung tahu bahwa ini adalah toko fashion. Ketika dibuka tampilannya bagus, memperlihatkan kematangan dari toko online ini karena tampilannya tidak sesimpel toko online lain tapi mudah digunakan. Menu-menu yang ada pun sudah diatur dengan baik beserta kategori nya. Diskripsi produk serta ukuran dan harganya juga dijelaskan dengan baik. Dalam toko ini kita jgua diwajibkan membuat account terlebih dahulu. Sayangnya sebelum kita membuat account kita tidak dapat melihat sarana pembayarannya melalui apa.

3.http://www.sinnfeinbookshop.com
Toko online ini tampilannya kurang menarik. Pada mesin penelusuran google pun hanya tampil pada halaman 7 saja. Tag descriptionnya cukup simple karena pendek dan jelas. Kita pun tidak perlu susah-susah menghitung harga dengan menghitung kurs mata uang. Karena sudah disediakan menu untuk mengubah harga sesuai mata uang kita secara langsung.Seperti hanyak toko lain, toko ini juga memberikan diskripsi produk berupa garis besar isi buku. Kelebihan toko ini kita bisa menggunakan menu compare selected untuk membandingkan barang yang satu dengan lainnya. Dalam toko ini kita juga harus membuat account terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana cara pembayarannya.

4.http://mishkanyc.com/
Toko online ini sangat optimal karena muncul pada halaman pertama penelusuran google. Namun pada tag descriptionnya hanya mencantumkan merk produk bukan menjelaskan jenis produk yang dijual. Untuk orang yang tidak tahu produk tersebut tentu akan acuh karena menganggap tag descriptionnya tidak seesuai. Pada saat membuka linknya, yang tampil adalah sebuah toko online dengan desain yang cukup bagus karena lansung menunjukkan produknya. Namun kelemahannya adalah kurangnya menu yang menunjukkan bagaimana cara pembayaran, bagaimana pengirimannya serta melalui apa membayarnya. Namun ketika mencoba membuka chart kita baru bisa mengetahui bagaimana proses pembayaran dan pembeliannya dengan mengisi data. Dan satu-satunya cara pembayaran adalah paypal yang tidak banyak orang yang bisa menggunakannya.

5.http://shop.thehundreds.com/
Toko ini sangat optimal karena muncul dihalaman pertama penelusuran Google. Tag descriptionnya juga sudah menjelaskan apa barang yang dijual. Dari tampilannya toko online ini bagus, rapi, dan terdapat banyak menu yang memudahkan kita untuk mencari barang sesuai kategori yang kita inginkan. Pada toko ii pun mereka juga memberikan menu-menu terkait untuk mengetahui area/lokasi toko-toko mereka, hingga blog mereka sehingga kita akan tertarik membuka satu-persatu. Sayangnya toko ini tidak menunjukkan barisan navigasi sehingga untuk kembali ke halaman sebelumnya kita harus mengklik back. Kita pun tidak dapat mengetahui secara langsung cara pembayaran, kita haus membuat accoount terlebih dahulu untuk melakukan pembelian. Baru setelah itu kita akan tahu bagaimana cara pembayaran dan pengiriman.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar