Sabtu, 29 September 2012

Panduan Membuat Toko Online Menggunakan Wordpress


Saat ini E-Commerce atau toko online telah menjadi salah satu cara pemasaran yang sangat umum. Berbagai keuntungan dapat kita rasakan dengan menggunakan sarana E-Commerce seeperti blog, web, atau biasanya untuk teknik dasar dapat menggunakan facebook. Akan sangat menguntungkan apabila kita dapat menguasai teknik E-Commerce ini. Oleh karena itu kali ini, saya akan membahas mengenai pembuatan toko online dengan menggunakan Wordpress.
Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat toko online menggunakan Wordpress:
1.      Memiliki Domain, Hosting, dan koneksi Internet.
2.      Masuklah pada Cpanel Hosting milik Anda kemudian pilih Softaculous di Cpanel Anda.
3.      Install Wordpress.
4.      Aturlah theme.
5.      Setting lah nama, tittle, dan hal-hal lainnya yang menurut Anda penting.
6.      Install Plugin yang Anda butuhkan, dalam hal ini yang paling umum diperlukan adalah Plugin Eshop atau E-Commerce. Namun pada kebanyakan orang Indonesia masih jarang menggunakan cara ini dan menggunakan proses transfer bank.
7.      Ekstrak dulu plugin Eshop kemudian copy ke direktory wp-content/plugins
8.      Anda dapat melakukan login sebagai admin dengan men-klik menu Plugins disebelah kiri sehingga muncul halaman plugin.
9.      Aktifkan plugin Eshop for Wordpress dengan klik aktive.
10.  Lakukan setting pada plugin dengan cara klik sublink Eshop pada bagian setting sidebar Anda. Isilah data sesuai kondisi anda seperti Eshop status, Eshop from email address, symbol, dan show add to chart forms on Wordpress post listing. Kemudian klik tombol update.
11.  Klik tulisan Merchant Gateways untuk setting cara pembayaran, paypal ataukah cara biasa yaitu transfer bank.
12.  Lakukan posting produk Anda disertai description produk tersebut seperti warna, harga, ukuran, dan lain-lain. Jangan lupa memberikan kategori agar konsumen lebih memudahkan konsumen Anda.
Sekian ulasan mengenai panduan membuat toko online dengan Wordpress. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. Semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar